twitter
rss

Besok adalah hari yang istimewa bagi semua siswa – siswi disekolah Danang. Karena semua siswa akan berwisata ke pantai. Ibu guru menyuruh semua siswa membawa 1 buku untuk mencatat benda-benda di pantai. Danang bertanya ”Ibu, kita akan berwisata naik apa?“ ”Kita akan naik bis (Bus) wisata yang ke 1“ Jawab ibu guru. Semua siswa senang berwisata ke pantai dan bis ke 1 bergambar hiburan ke pantai tulisannya let’s go to the beach. Kata Dila ”Ibu, kita bawa berapa barang saja yang harus kita bawa di pantai?“ Jawab ibu guru ”Bawa saja barang yang kamu butuhkan dipantai ,dan janagan lupa bawa 1 buku saja sembarang untuk mencatat ada apa saja yang ada di pantai”.

“Dila akan memberi semua temannya untuk memberitahu besok membawa 1 buku saja untuk mencatat”. Hari telah berlalu, saatnya untuk bersiap-siap untuk berangkat berwisata ke pantai. Mereka harus berkumpul pukul 06.30. Mereka harus bangun pukul 04.30 selisi pukul 02.00 kalau bisa bangun pukul 04.00 saja agar masih punya waktu lama. ”Danang, jangan lupa bawa baju untuk mandi di kamar mandi“ Kata ibu Danang dengan sabar, ”Iya bu, aku siapkan bukuku dulu, nanti  aku mandi pagi“ Jawab Danang.

Danang selalu mandi pukul 05.00 sekarang Danang harus berkumpul pukul 06.30. Danang, kalau terlambat bagaimana?, mungkin Danang selalu malas melakukan sesuatu. Jam rumah Danang sudah menunjukkan pukul 05.59 kurang 31 menit lagi Danang harus kesekolahnya sebelum terlambat. Jika terlambat, ia akan ketinggalan bis di sekolahnya. Dila bangun pukul 03.50, Dila adalah anak yang rajin bila ia belajar dirumah. Dila juga rajin berangkat menuju sekolahnya. Saat 30 menit yang lalu Dila datang ke rumah Danang.

Danang hampir siap selesai, barang – barangnya dimasukkan ke dalam tasnya untuk tidak kelupaan. Dila memanggil – manggil Danang sambil berteriak, sedikit pelan saja supaya tidak bising rumah Danang, ”Asalammualaikum Danang“ Salam Dila. ”Waalaikummusalam. siapa itu?“ Jawab Danang sambil bertanya. “Ini Dila. Teman Danang sekelas” jawab Dila. “Oh, iya silakan masuk Dil. Disini tidak ada siapa – siapa” Jawab Danang dengan baik. “Mau apa kamu kesini?” Tanya Danang, “Aku datang kesini untuk memberimu kue yang lezat ini” Jawab Dila dengan Memberi tahu bahwa Dila membawakan kue yang lezat itu.

Hmm… nyam-nyam pasti rasanya enak. Danang terkejut, ia langsung bertanya ”Ha, kue?, untukku?, yang lezat?, aku mau ah. Dimana kuenya Dil?, aku mau makan sekarang saja“ jawab Dila ”Ini“ Dila tidak mengatakan apa-apa tapi mengucapkan Ini kepada Danang. ”Lho, kok ada 2 sih?“ Tanya Danang ”Iya, yang 1 – nya untuk kakakmu kita harus saling berbagi sesama teman dan orang lain, tapi jangan orang yang kita kenal saja.“ Jelas Dila. ”Baiklah, tolong bantu aku menyiapkan barang-barungku Dila“ Permintaan Danang.




”Iya Nang, akan aku bantu kok, tapi tidak lama lho“ Jelas Dila, ”Ok Dila“ jawab Danang. Saat semua anak sudah berkumpul dihalaman sekolah semua siswa dan para guru menunggu bis datang sambil mengabsen murid-murid. ”Oke, semua sudah hadir semua ya?“ Tanya Pak Arto kelas 5. ”Sudah“ Jawab guru kelas 1 sampai 4 dan 5. ”Coba bapak absen dulu, Danang“ , ”Hadir pak“ , ”Lina“ , ”Hadir pak“ , ”hadir pak“ , ”Zidan“ , ”Hadir pak“ , ”iyan“ , “Hadir pak” , “Mada” , “Hadir pak” , “Yang terakhir Dila” , “Hadir pak” , “Semua sudah hadir?” Kata Pak Arto, “Sudah Pak” Jawab semua siswa.

“Kalau sudah, Danang menyiapkan semua siswa berdoa terlebih dahulu sambil menunggu bis datang” Perintah Pak Arto kepada Danang, “Baiklah Pak, aku siap” Jawab Danang dengan menantang. “Siap gerak, Loncang depan gerak. tegak gerak periksa kerapian” Lucu sekali Danang, “Hanya begitu nang?” Tanya Pak Arto, “Sudah Pak” Jawab Danang dengan mantap. “Lihat, bis sudah datang, semua siswa harap naik ke bis, jangan ada barang yang tertinggal.” Jelas Pak Arto, “ Baik Pak, kami sudah periksa semua, sudah dimasukkan didalam tas” Kata semua siswa.

Saat 30 menit yang lalu Saat didalam bis… “Aduh, kenapa badanku bisa sakit semua sakit ya?” Kata Danang dengan kesakitan, “Danang, kamu kenapa?, sepertinya badanmu panas” Kata Iyan, “ Aku masuk angin Yan” Jawab Danang, “Oh, Iyan ambilkan teh hangat buat kamu” Kata Iyan dengan baik hati, Danang berkata “Terima kasih ya Iyan” Lalu Iyan menjawab “Sama-sama Danang, Iyan baik hati kok”. Saat sudah sampai dipantai, semua siswa keluar dari bis. Sambil membawa tasnya keluar dari bis, bis mereka mau parkir ditempat parkirnya bis sendiri – sendiri.

Pak Arto menyuruh semua siswa berkumpul di Pak Arto, Mereka disuruh mencatat benda-benda di sekitar pantai, Misalnya: Kerang, botol, kepiting, pohon, dan lain-lain/(dll). Mereka mencatat Benda-benda sambil berdiskusi (berkumpul sambil merencanakan) bersama-sama. “Benda apa saja ya?, hmm…” Kata Dila “Mutiara” Kata  si Lina “Iya, itu aku melihatnya disampingnya danang” Seru Mada “Dimana, aku tak melihatnya disini” Kata Danang “Dipinggir air pantai itu” Kata si Zidan, “Oh, iya Dan, akan aku ambilkan” Kata si Danang. Iyan bilang, “Tidak usah, biar Aku saja yang mengambilnya. Kamu kasihan kesini”.

… BERSAMBUNG …                       baca selanjutnya Berwisata ke Pantai 2

0 komentar:

Posting Komentar