twitter
rss

Hari ini aku libur berkerja, terkadang aku mencari uang dimana-mana. Tapi, aku bukan orang yang tergila – gila dengan uang, aku berusaha sendiri. Dan satu hal lagi aku harus mendapatkan Rp 200.000 agar bisa membuka bank sendiri. tanpa pinjam, atau minta 1 kali. Dalam 1 hari aku berusaha mendapatkan uang. Aku mencatat di BUKU CATATAN UANG SAKU ini dia gambarnya:

Tanggal           penggunaan                pemasukan                  pengeluaran            saldo
31/1     ]           [dikasih ayah   ]               10.000]                             [0                 10.000]
2/2       ]           [beli eskrim      ]                    0    ]                           [4.000              6.000]
3/2       ]           [dikasih mama ]                 5.000]                            [0                 11.000]
4/2       ]          [sisa uang saku ]                 1.000]                            [0                  12.000]
5/2       ]           [dari tante        ]               10.000]                            [0                  22.000]
5/2       ]           [dari nenek      ]             100.000]                            [0                122.000]

Itu lebih mudah daripada menulis dibuku tabunganku sendiri. Tapi ini tidak beli, itu gratis bersama EDU COMIC gratis, itu jualan di mall di GRAMEDIA terjual banyak 1 –9 seri, yang kesatu dapat buku catatan uang saku, mudah bukan?. Saat itu, kamu masuk dipintu pertama. Saat itu lihatlah di meja sebelah kirimu. Pasti ada yang telah kuceritakan tadi. Kalau mau, silakan beli saja.



Hai teman-temanku namaku adalah N.N (Nevil Nurseri) akulah yang mengarang artikel ini untuk anak-anak. kita akan belajar menabung agar bisa menjadi kaya, gimana caranya ya hmm? Dengan cara membaca catatanku ini yang telah aku persiapkan dibawah ini. Ini adalah catatan yang penting untuk anak – anak agar mau menabung menjadi kaya besar dan juga kadang mendapat untung dan juga kadang mendapat ruginya juga. Makannya aku menulis sarannya agar bisa menjadi cepat membuka bankmu sendiri.

Tips 1. pertama-tama kita harus mempunyai target sendiri, misalnya: Dalam 1 bulan aku akan mengumpulkan uang Rp200.000. Setelah 3 hari...  Wow aku mendapatkan uang Rp500. Setelah 6 hari..   hah hanya Rp10.000?. Setelah 9 hari...   oh tidak tinggal Rp100. Setelah 1 bulan...   Sayangnya aku menjadi pengemis.

Seharusnya aku menabungkan uangku saja supaya aku bisa kaya. Nah dalam 1 bulan kamu mengumpulkan uang sebesar Rp200.000 jangan harap dalam 1 bulan kamu bisa mengumpulkan uang sebesar Rp200.000 jika hanya ingin menjadi kaya tetapi masih membeli cemilan banyak.

Tips 2. Menabunglah di tempat yang sangat aman didunia ini, carilah terus hingga ada. Misalnya, tampat rumahmu sendiri juga bisa atau dirumah teman juga bisa suruh dia untuk tidak memperbolehi untuk tidak menggunakan uangnya dan akhirnya pun uangmu menjadi banyak sekali, dan tempat lain yang sangat aman didunia ini yang miskin terus.

Tips 3. Jadikanlah semua dalam 1 bank. Apa artinya BNI? Apa artinya BRI?. BNI artinya Bank Negara Indonesia, BRI artinya Bank Rakyat Indonesia. Dalam 1 keluarga kita harus melakukan semua dengan 1 bank, misalnya: ibu mempunyai bank sendiri, saat adik mengucapkan: Aku harus membuka tabungan sendiri. Aku harus membayar utang kepada ayah-ibu. Apa gajiku sudah turun?. Lalu ibu berkata lakukanlah semua di bank ini, artinya yang ingin kita lakukan tadi harus menggunakan uang dibank satu, tidak boleh pinjam uang agar tidak utang.

Tips 4. Membaca pengetahuan tentang perekonomian. Kalian jangan hanya membaca buku saja, kalian juga baca buku pengetahuan contoh: buku komik yang ada pengetahuannya, cara untuk menjadi pintar, jawaban untuk kelas VI, Who Bill Gates? dan juga buku lainya. Apa kalian tahu sekarang? Kalau belum mengerti akan aku jelaskan lagi.

Itu contoh untuk jembatan ilmu bagi kita, misalnya: Kita harus bisa menjadi kaya, bagaimana caranya untuk menjadi kaya? Kita harus mencari buku supaya bisa menjadi kaya kalau tidak kita akan terus miskin hingga hari kiamat. Perjuangan tentu belum mencapai cita-cita mereka, tetapi bila membaca buku terus menerus akan tahu bagaimana untuk menjadi kaya. Kita bisa menjadi kaya tetapi dengan belajar tapi bukan belajar seperti sekolah, belajar menghemat uang, contoh:Dulu $1 sama dengan
uang Rp1.500, sekarang menjadi $1 sama dengan Rp500, maka setiap $1 kita rugi dalam Rp1.000. tidak akan menjadi semula, nanti kita bertambah miskin. Di bumi hanya sementara, saat di surga, kita dapat melakukan apa saja. Saat kita di neraka, kita akan di bakar berulang kali bersama setan/jin.

Tips 5. Berhemat lebih penting, daripada berbelanja. Dalam sehari kamu mengeluarkan uang sebanyak berapa Rupiah sih?, apakah Rp10.000?, Rp20.000?, Rp50.000?, atau lebih?. Kamu jangan terlalu asyik berbelanja karena kita tidak terasa kita sudah menghabiskan banyak uang hingga kita bisa menjadi miskin, dan harus berjualan barang-barang yang disukai. Untuk apa kita menghabiskan uang banyak untuk

membeli barang banyak yang disukai lalu dibuang lagi? Apakah anda mengerti apa artinya hemat pangkal kaya? Artinya jika kita selalu hidup hemat kita akan menjadi kaya – raya. Apa artinya rajin pangkal pandai? Artinya jika kita selalu rajin belajar akhirnya kita bisa menjadi pandai seperti penemu terhebat didunia, apa artinya boros pangkal miskin? Artinya jika kita selalu boros terus setiap hari dan apa artinya bersih pangkal sehat? Artinya jika kita selalu hidup bersih, berarti didunia kita selalu sehat selamanya. Jika selalu dipakai untuk

berbelanja, kamu akan menjadi miskin = kalian akan menukua ke jalan yang sangat bengkok sekali. Maksudnya:
PANDAI
1 miskin------I I-----miskin 2
3 miskin------I I-----miskin 4
5 miskin------I I-----miskin 6
7 miskin------I I-----miskin 8

lihatlah gambar diatas, pandai itu juga seperti ada saingan. disebelah kiri pandai ada miskin, disebelah kanan pandai juga ada miskin. Apakah kamu sudah mengerti sekarang?. Kalau sudah mengerti, mari kita lanjutkan yang selanjutnya. Yang belum mengerti, minta diterangkan sama orangtuamu saja.

Tips 6. Impian untuk menjadi kaya, bukan sekedar berhemat. Apakah kalian selalu suka makanan yang lezat dan manis?, oh – oh – oh hey, jangan anggap ingin membelinya, pikirkan dulu baru membelinya. Coba kalian pikirkan, bila kita ingin ini tidak bisa yang itu, kalau ingin itu tidak bisa yang ini, memang kalau kita memilih barang sangat

sulit bagi kita memang meributkan kita. Mengapa kita selalu begitu? Karena kedua – duanya sangat bagus. Jika mainan juga begitu selalu ingin ini selalu ingin itu selalu ingin sana selalu ingin ini dan lain – lainnya. Jika kita ingin kedua duanya kita harus punya uang sendiri untuk membeli barangnya sendiri. bagaimana caranya?, apakah kita harus berhemat setiap hari?.

Bukan hanya sekedar berhemat saja ada cara lain untuk menjadi kaya – raya dan bisa membeli sesuka hatinya sendiri. 1 kita harus membuka bank sendiri, 2 kita harus menabung uang dengan cara  sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit, 3 kita tidak boleh punya utang, 4 keluarkan uang seperlunya dan barang yang berguna, 5 jangan meremehkan uang Rp100, Rp200, dan Rp500. coba bayangkan, dalam sehari kita bekerja terus tanpa henti hanya dapat uang sebesar Rp25dan+Rp50=kita untung 75%. Apakah ayah kalian  juga seperti itu?.

Tips 7. Mari kita belajar berhemat. Kenapa kita harus berhemat ya?, biasanya seusia 4-6 bertanya seperti begitu, apakah kalian tidak ingin berhemat dengan irit? Apakah kalian tahu kenapa kita selalu berhemat?, apa hanya untuk menjadi kaya?. Banyak manfaat untuk berhemat, misalnya: berhemat karena miskin, berhemat karena untuk membuka bank, berhemat untuk menjadi pilot, dokter, polisi dan lain-lain.

Banyak keuntungan berhemat yaitu, kita mendapat uang sebesar Rp500.000 lalu kita membeli es jeruk dan es sirop Rp50.000 (total es jeruk+es sirop) jadi kita menguranginya dengan uangmu sekarang Rp500.000-Rp50.000=Rp450.000, jadi kita masih mendapatkan keuntungan sebesar Rp450.000. mengapa setiap- + =selalu disebut untung ya? Karena setiap dikurangi selalu disebut untung tapi hanya persen dan Rupiah. Misalnya = hari ini kita punya diskon 50% tapi sekarang dipotong 10=berarti kita akan mengurangi 50%, 50%-10%=40% berarti kita masih untung 40%.

Bersambung ke... Belajar Menabung Bagian 2

1 komentar:

  1. hebatkan buatanku?

Posting Komentar